Jun 12, 2016

Tersentil

Semakin berkembangnya sosial media, semakin mudah diaksesnya sosial media seperti hal lainnya pasti membawa dampak yang baik tapi juga nggak ketinggalan yang buruk. Ya, emang gitu adanya... selalu ada dua sisi disetiap apa.

Belakangan, saya sedikit menjauh dari dunia sosial media. Mulai jarang nyetatus, jarang nulis cuitan, jarang komentar. Media yang saya gunakan sampai saat ini yang bener-bener aktif adalah instagram dan blog ini. Saya kini lebih memilih menjadi pengamat, kalaupun akhirnya ada sesuatu yang ingin saya tulis maka jadilah post di blog ini.

Post ini salah satunya.

Dengan mudahnya mengakses sosial media sepertinya makin banyak orang yang makin berani berpendapat. Tapi, entah kenapa bagi saya saat ini yang ada adalah bising. Erm, bukan berisik. Tapi bising... seperti suara jangkrik di malam hari yang awalnya merdu namun lama-lama ganggu juga.

Saya merasa bising karena makin banyak orang yang saling serang, kalau istilah twitter tuh twitwar.

Si A menulis pendapatnya tentang masalah A. Kemudian ada yang tidak sependapat. Harusnya itu hal yang wajar, namun menjadi tidak wajar ketika akhirnya yang terjadi saling mempertahankan pendapat dan masing-masing pastinya merasa benar, dan berakhir dengan saling ejek, sindir bahkan sampai ke masalah fisik.

Atau, si B menulis tentang orang-orang yang mulai hilang arah. Kemudian ada yang tidak . Harusnya wajar, namun ketika akhirnya saling serang merasa paling ada di jalan yang lurus hingga akhirnya main bully... entah dimana letak wajarnya?

Kemudian ada kubu-kubuan... blok-blokan... hahaha macam anak sekolah yang katanya nggak boleh ada blok yang rawan melakukan bully, lah apa bedanya kan?

Kenapa sih kok sampe gitu?

Saya rasa, ya ini hanya sekedar yang saya rasakan, mungkin sebenarnya yang paling nyolot dari sekian yang tidak sependapat justru ia merasa tersentil. Kenapa saya merasa begitu? Karena sayapun terkadang demikian, saat baca artikel dan kemudian tidak sependapat... tangan tuh rasanya gatel aja pengen mbantah. Hehehe.

Tapi, kemudian saya baca artikel itu sekali lagi... dan lagi... dan lagi... sampai akhirnya saya tau... ah ya, ada benernya. Kebanyakan ketika nyolot itu, endingnya pasti seperti disodorin kaca... padahal awalnya artikel itu mungkin bukan ditujukan untuk kita, bisa jadi hanya sebagai bagian pengingat diri untuk penulisnya.

8 comments:

  1. mbakeee aku habis nonton drakor judulnya i remember you, drama psikopat gitu. mayan oke sih. tapi daku belom sempet nulis ulasannya hwaaa *komen ganyambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku juga lagi nontoooon... Cuman baru beberapa episode, soalnya gak sempet-sempet... Hehehe

      Delete
  2. yooo.. aku juga suka nulis kode kodean gini, haha.. makanya.. kadang yang komentar gak ngerti apa permasaahnnya, yang ngerti cuma yang nulis blog wkwkwkw..

    Intinya, pengamat memang menyenangkan jadi gak usah ikut ikutan bikin bising apalagi sama hal yang gak jelas :;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang rasanya lucu kalau ada orang yang sampe saling serang gitu...

      Delete
  3. aaaa kok sama
    saat ini cuma demen nyampah di blog akuh, lebih leluasa nulis panjang dan lebar hihihi

    ReplyDelete
  4. btw aku sependapat banget ama paragraf terakhir yang paling reaktif justru dialah yang kesinggung ama postingan pertama hahahhah

    ReplyDelete
  5. hehe kalo saya sih beda, mbak. Lebih suka jadi silent-reader kalo ada yang ribut di media sosial. Soalnya lucu aja gitu liatnya..

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sih males ngomentarin yg lagi happening. Drpd ada yg sok tersinggung mendingan ngomongin diri sendiri. Huahahahha *egosentris parah*

    ReplyDelete