Jun 10, 2016

Takjil

Beberapa waktu lalu sempat saya tercenung saat sedang baca-baca cuitan. Saat itu saya baca salah satu cuitan tentang seseorang yang memberikan info di masjid mana yang takjil-nya enak. Saya yang dari dulu tidak pernah mencoba taraweh dari masjid ke masjid cukup heran ketika membaca cuitan itu. Cuitan yang diperuntukkan mereka yang berburu takjil.



Jadi teringat dulu ketika masih suka berbuka puasa di masjid. Saya sudah membawa bekal dari rumah tentunya, dan nggak ada niatan untuk ngantri takjil, yang mana masjid biasa menyiapkan. Dari awal saya nggak pernah ngantri takjil di masjid, kecuali ketika panitia membagikan takjil tersebut sesaat sebelum sholat magrib berkumandang.

Awalnya alasan saya adalah, males. Yup, biasanya takjil akan diletakkan di meja dan ketika takjil mulai dibuka byuuuuh langsung deh diserbu oleh orang yang akan berbuka di masjid.

Namun, akhirnya keputusan saya nggak antri takjil itu makin kuat ketika suami sempat nyeletuk. "Takjil, kalau di masjid besar tengah kota itu lebih diperuntukkan mereka yang musafir. Kalau warga sekitar harusnya ya siap dengan bawaannya sendiri."

Yah, mungkin sayanya yang terlalu berburuk sangka, bisa saja info itu untuk para musafir yang sedang singgah di kota-kota yang disebutkan dalam cuitan itu. Hahahaha.

Hingga kemarin saat berbuka, terjadi percakapan ini.
"Yah, tau masjid abc gak?"
"Oh, itu deket kantor. Kenapa?"
"Ini loh, ada info takjilnya ayam bakar enak."
"Ngunu iku gawe pegawai sing lembur, opo musafir. Wes toh, paling enak iku buka puasa bareng keluarga. Masio ta mung tempe menjes goreng."

Hihihi, ternyata prinsip suami belum berubah.

6 comments:

  1. Momen antri or rebutannya ya yang bikin males berburu takjil pas azan ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... Walau ada masjid-masjid yang mungkin punya sistem yang bagus dalam membagi takjil...

      Delete
  2. itu buat mahasiswa tongpes seperti aku jaman masih kuliah mbakee hahaa
    iya sepakat sama suami mbak inge, biar kata tempe goreng alhamdulillah enakan di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loooh... Kalau untuk anak kuliah buatku masoh wajar nyin... Tapi, dulu pernah ngalami jamaahnya adalah orang kampung sekitar masjid, ikut ambil takjil, sholat magrib terus pulang... gak balik pas taraweh hehehe... Jadi piyeeee ngunu...

      Delete
  3. Dulu kantorku belakangnya hotel islami yg pny mesjid sendiri. Sering aku takjil disitu kalo lagi bokek/tgl tua. Huahahahaha. Aku sih ga mentingin enak engga nya, yg penting membatalkan puasa aja dan dapet makan. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... nah itu mbak... Kalo sekedar pas bokek nggak apa sih, lah tapi kalo tiap hari... Hihihi

      Delete