Feb 20, 2017

[Buku Anak] Little Red Hen

Ngereview buku anak itu... Ternyata nggak semudah ngereview novel. Ngereview novel sih juga gak gampang, tapi lebih enakan ngereview novel sih. #halahmbulet.

Jadi, kemarin ini ada yang nanyain "mana review buku anaknya?"

Ya, sih... Saya pernah nulis kalo kemungkinan bakal review buku anak lagi, setelah review buku Is That You, Wolf? Tapi, setelah saya baca review saya itu... kok rasanya kurang sreg sendiri kalo itu disebut review... hahahaha maap ya, ini edisi emak rempong sendiri.

Jadi ya, anggep aja bukan review tapi sekedar bercerita ajah. Hehehe.

Kali ini buku anak yang saya pilih judulnya "Little Red Hen".


Buku ini berisi 30 halaman, tebel nggak tipis juga nggak. Tapi... ditiap halamannya hanya tertera 1 atau dua kalimat yang lumayan pendek, dan font yang digunakan pun besar-besar. Bisa untuk anak yang mulai belajar baca bahasa inggris dan enak juga untuk mendongeng karena nggak terlalu capek. Juga ada CDnya, berisi suara yang membacakan isi buku. Bisa untuk mengecek pengucapa. Kita sudah benar apa nggak. 

     


Berkisah tentang seekor ayam betina yang tinggal bersama seekor ayam jantan dan seekor tikus. Suatu hari, ayam betina ini menemukan biji gandum. Dia ingin menanamnya, dan bertanya kepada dua temannya tersebut siapa yang ingin menolongnya.  Tapi baik ayam jantan maupun tikus tak mau menolongnya. Diapun melakukannya sendiri.

Agar biji tersebut tumbuh, maka harus disitami, sekali lagi ayam betina bertanya kepada temannya siapa yang mau menolongnya. Dan seperti sebelumnya mereka tak mau.

Segala proses dilalui oleh ayam betina mulai dari menanam biji tersebut, hingga menjadikannya sebuah roti yang lezat. Ketika diakhir proses biji tersebut menjadi roti, ayam betina kembali bertanya seperti sebelum-sebelumnya. Siapa yang mau membantuku memakan roti ini? Ayam jantan dan tikuspun langsung berseru bahwa mereka mau. Tapi, kemudian ayam betina tak mengijinkan mereka ikut menikmati roti itu karena tak membantunya. Mereka berdua hanya bisa terdiam karenanya.

Hingga suatu saat, ketika ayam betina itu menemukan kembali biji gandum, ayam jantan mau membantunya menanam dan tikus membantunya menyirami. Ayam jantan dan tikus selalu membantu ayam betina itu sampai dengan proses biji tersebut menjadi roti. Dan diakhir cerita, mereka menikmati roti itu bersama-sama.

Simple? Yup!

Tapi saya sangat suka buku ini. Memberikan pelajaran tentang membantu dan bagaimana menikmati hasil dari kerjasama dengan cara yang begitu mudah. Membantu memberi pemahaman pada anak-anak kalau menginginkan sesuatu ya harus dengan ikut bekerja.

Hal yang jadi contoh buat anak-anak tentang ini di rumah saya terapkan saat mengisi air minum dalam tumbler yang akan diletakkan di kulkas. Mas Ziandra punya tumblernya sendiri, begitu juga dengan Zianka. Saya mengisi tumbler mereka dan mereka harus meletakkannya sendiri di kulkas. Kalau mereka tidak mau membantu, ya... nggak boleh mengeluh kalau nggak punya air minum yang dingin. Hehe.

Buku ini akan tetap jadi buku dongeng yang wajib dibacakan untuk mereka hingga mereka bisa baca sendiri, karena banyak hal bisa menjadikan kisah Little Red Hen ini sebagai contoh.




12 comments:

  1. Aku bayangin yang jadi jago ama tikusnya wkwkkwkw keknya aku banget, pinginnya makan doang tanpa bantuin ayam babonnya hahaahha
    Btw buku anak kebanyakan in english nih. Sayang aku ga terlalu jago bahaa inggris aaaarg...pengen kursus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang bahasa Indonesia, tapi ini yang lagi jadi kesukaan bocah... Hehehe

      Delete
  2. Btw sama loh, meski blom ada bocah, aku tetep aja suka buku anak
    Dongeng aj aku bela belain beli yang setebel kitab hohoho, soalnya bahasanya enak gitu trus banyak ngasih contoh2 nilai kehidupan dg cara yg gampang dimengerti
    Btw dulu ada juga tu buku tapi yang isinya bisa 3 dimensi gitu bisa dilipet2 tapi alice in wonderland pas jamanku sd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ya... Ada yang gitu, menarik buat anak-anak emang. Punya 1 yang lion king tp rusak karena mereka semangat narik jadi robek hahahaha

      Delete
  3. lucuuu mbakk pengen pinjem
    buku ginian bikin kangen masa piyik euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah kalo kerumah... Tinggal comot hehehe

      Delete
  4. Aku uda tonton film pendeknya mba di youtube anakku juga paling seneng cerita ini pesan moralnya bagus :)
    ternyata ada bukunya yah baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku malah baru tau ada film pendeknya... Nyari ah.... Hehe

      Delete
  5. bagusss bukunya pengen jg beliin buat iyas, ya walau sampai sekarang dia masih belum tertarik dibacain buku siapa tau lain waktu dia tertarik dibacain buku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diajak baca bareng aja Ri... Siapa tau lama2 tertarik....

      Delete
  6. Little red hen, padahal bukannya itu ayamnya dah jadi babon yak hihihi
    Lucukkj, aku jadi pengen koleksi buku dongen egeeein deh

    ReplyDelete
  7. Non, buku anak2 kayak gini sekaligus bikin aku jadi belajar.. Ikut belajar jadinyaa.. Anak drmh baru satu nih yg ngerti gini2

    ReplyDelete