Jan 14, 2016

TK untuk Mas Ziandra

Tahun 2016 baru saja di mulai tapi rupanya emak-emak mulai puyeng buat nyari sekolah untuk anaknya. Yup, padahal ajaran baru nanti dimulainya bulan Juli-Agustus tapi sedari awal tahun kerempongan sudah mulai terlihat. Saling bertular informasi dengan sesama wali murid di paud, sampai mendatangi sendiri sekolah-sekolah yang menjadi tujuan.

Begitupun dengan saya, untuk masuk TK ada beberapa pilihan namun ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan mau memasukkan ke sekolah yang mana.

1. Biaya.
Mahal atau tidaknya sebuah sekolah, itu selain diukur dari apa saja yang akan diberikan oleh sekolah itu juga ukurannya adalah kemampuan orang tua sendiri. Ingat, walau mungkin banyak orang mengatakan sekolah A murah atau sekolah B mahal kita tidak bisa hanya terpaku pada panilaian orang. Kita harus benar-benar mampu mengukur kemampuan kita sendiri.

Hal yang harus diperhatikan dalam hal biaya adalah jangan sampai uang ibu bapak tersedot hanya kemasalah sekolah saja, tetapi pertimbangkan juga dengan tabungan untuk tingkatan selanjutnya. Kalau emaknya harus ngirit dalam hal beli baju mah ya nggak apa, tapi jangan sampai ngirit dalam hal menabung.

2. Fasilitas sekolah.
Fasilitas di sini bukan hanya kondisi fisik sekolah, tetapi juga guru-gurunya. Ada sekolah yang bangunannya bagus fasilitas lengkap tetapi gurunya kurang, satu kelas hanya diisi 1 guru dengan lebih dari 15 murid. Bagi saya itu sudah kurang, karena di masa TK walau anak diajarkan kemandirian tetapi fokus seorang guru adalah hal yang sangat penting.

3. Kegiatan sekolah.
Kegiatan selama di sekolah ini juga penting, karena ada beberapa sekolah yang waktu sekolahnya hanya 2-3 jam, ada yang sampai 5-6jam. Di sini kita perlu tau apa saja yang akan dilakukan di sekolah, apakah sesuai dengan kemampuan anak kita, jangan sampai kegiatan di sekolah justru membebani anak nantinya.

Atau kegiatan sekolah yang justru di bawah kemampuan seorang anak, sehingga justru menyebabkan anak tidak ada perkembangan. Hanya stuck ditingkat itu-itu saja.

4. Letak sekolah.
Jauh dan dekat sekolah harus disesuaikan dengan kemampuan orang tua untukmengantar dan menjemput. Jangan sampai alasan memilihkan anak di sekolah yang dekat supaya anak bisa pulang pergi sendiri, tetapi utamakan kemampuan orang tua untuk mengantar dan menjemput.

***

Bagaimana dengan TK Ziandra.

Saya sempat dibuat bingung dengan pemilihan TK untuk Ziandra ada sekolah yang untuk pertimbangan 1 dan 4 cocok tetapi tidak dengan pertimbangan 2 dan 3. Tetapi sekolah yang lain, cocok di pertimbangan 2-4 tapi sedikit berat dipilihan 1. Karena kami memikirkan untuk tahun-tahun selanjutnya, dan juga masih ada adiknya yang juga harus diperhitungkan karena beda usia mereka yang tidak begitu jauh.

Kami, saya dan suami, harus berhitung ketat hingga akhirnya memutuskan memasukkan Ziandra ke salah satu TK yang insyaAllah cocok untuk Ziandra.

1 comment:

  1. duh mas zi udah gede
    aku makin berasa tua hahaa

    ReplyDelete