Mar 21, 2015

Sekedar menikmati




Foto itu adalah screen shot dari instagram seorang teman (@parcelbuku). Untuk saya #selfreminder itu juga berlaku, karena entah sejak kapan kemampuan untuk beli buku lebih besar daripada kemampuan membacanya. 

Sejak beberapa tahun lalu, mungkin tepatnya ketika mulai mengenal os yang menawarkan buku second yg masih layak koleksi dengan harga murah, saya sudah kelimpungan mencoba membaca setiap buku yang baru saya beli. Akhirnya ya disimpan dulu, dengan pemikiran pasti dibaca nanti (suatu saat, entah kapan).

Sejak tiga tahunan yang lalu saya set target baca, salah satu alasannya supaya bisa sedikit demi sedikit mengurangi timbunan. Ikut juga beberapa RC dengan harapan lebih tertantang untuk menghabiskan timbunan. Namun terkadang yang ada seperti dikejar-kejar target terlebih untuk RC.

Hingga akhirnya tahun ini saya memutuskan untuk tidak ikutan RC, hanya yang diadakan oleh GoodReads. Hasilnya, sampai dengan bulan ini so far so good. Membaca buku yang memang saya mood untuk baca.

Tapi kadang mood baca bener-bener merosot, sampai nol. Salah satu siasat saya adalah mencari buku gratisan yang mengharuskan saya membaca dan menulis review dari buku itu. Tentunya tetep selektif ya, karena malah takutnya bukunya nggak sesuai malah jadi males baca dan kewajiban kembali menjadi beban.

Timbunan memang wajib dibaca, tapi jangan sampai membuat kita tak lagi dapat menikmati dalam membaca buku. 


No comments:

Post a Comment