Apr 13, 2017

Buku vs Film

"Apa reaksimu, ketika taubuku favoritmu difilmkan?"
Pertanyaan itu, saya baca baru-baru ini di salah satu akun penerbit di instagram.

Sebetulnya bukan hal baru, jika buku akhirnya difilmkan, tapi memang akhir-akhir ini tampaknya makin banyak film yang diadaptasi dari buku. Bukan hanya film barat, tetapi film lokalpun makin banyak yang difilmkan. 
Lalu apa jawaban saya atas pertanyaan itu?

Jawaban saya, ya ada senengnya tapi juga ada was-wasnya. Seneng juga, kalau film mengangkat dari buku (yang menurut saya) bagus... paling nggak dari segi inti cerita dia bakal bagus. Tapi was-wasnya, kadang eksekusi difilmnya jauh dari bukunya. Hahahaha. Paling nggak ada yang berbeda lah ya, antara buku dan film. Jadi selama ini, gak skeptis banget dengan film Indonesia, khususnya yang diangkat dari buku, tetapi hanya tidak memberikan ekspektasi apa-apa pada filmnya. Apalagi ekspektasi akan sebagus bukunya. Hehe.

Saya berhenti berekspektasi sejak menonton beberapa film adaptasi buku, dan ternyata banyak rincia. Yang dihilangkan atau bahkan diubah jauh berbeda dari buku. Jatuhnya memang kecewa, dan sejak itu saya mengambil sikap, menilai film ya udah filmnya aja gak usah dikaitkan dengan buku. Walau susah menganggap nonton film tapi belom baca bukunya, karena selama ini menerapkan baca bukunya dulu sebelum nonton filmnya.

Saya menerapkan itu, baca bukunya dulu sebelum nonton filmnya, lebih karena alasan pribadi sih. Yaitu, saya kadang jadi males baca bukunya setelah nonton filmnya hahaha, dan nggak berlaku kebalikan.

Ah ya, bulan depan ada satu film adaptasi buku yang saya pengeeeeen banget nonton di bioskop. Critical Eleven. Hahaha. Tetap tak banyak ekspektasi tapi dengan pemain yang begitu dipenuhi makhluk kece #ups, rasanya sayang kalo dilewatkan hihi.

Kalau kamu, gimana kalau ada buku favoritmu yang difilmkan??

5 comments:

  1. Kok aku kenapa y mba lebih suka bukunya dibandingkan filmnya selalu kecewa klo diangkat ke film krn di buku semisal feelnya dpt bgt di film ga :)

    ReplyDelete
  2. Ada juga film yang lebih bagus ketimbang bukunya. Yaitu Fantastic Beasts and Where to Find Them. Hehe. Btw, feed-nya masih summary, Mbak. ��

    ReplyDelete
  3. Non, aku nunggu juga CE .... Tapi peran laki2 nya aku agak ilfeel karena rumor yg beredar heheuuu... Fokus ke ceritanya mogaaaaa nggak mengecewakan hihiiii

    ReplyDelete
  4. Mungkin alur cerita yang ada di buku kurang menarik sehingga harus dirombak sedikit mbk, hehe

    ReplyDelete
  5. Paling kuciwa itu klo bukunya dewi lestari dee difilmkan, perannyadi film jauh di luar ekspektasi bgt dr semua bukunya, trutama yg perahu kertas, supernova n madre...

    ReplyDelete