Apr 11, 2019

Pijat Bayi : Salah Satu Bentuk Sentuhan Cinta Orang Tua

Pijat Bayi : Salah Satu Bentuk Sentuhan Cinta Orang Tua. Beberapa waktu lalu, sempat maju mundur saat diajak untuk datang kesalah satu even. Kenapa? Karena even ini bicara tentang pijat bayi, padahal anak saya sudah berusia 7,5 tahun dan 6 tahun.


Akhirnya memantabkan diri datang ketika suamik bilang, pasti akan banyak ilmu yang bisa didapat di sana dan bisa disharing buat banyak orang.

Ya, walau dulu juga pernah melakukan pijat bayi sendiri pada anak-anak, tentu ilmu yang bisa saya dapat lebih mantab lagi selain sharing pengalaman sendiri. Mungkin saya belum butuh, tapi paling tidak bisa berbagi untuk mereka yang mungkin tidak sempat atau tidak bisa hadir secara langsung.

Seberapa sering dulu, melakukan pijat bayi?

Kalau jujur, saya dulu nggak rutin melakukan pijat bayi. Lebih sering dilakukan setelah anak diajak bepergian. Karena dalam pikiran saya, abis jalan-jalan yang tua aja capek apalagi mereka, kan? Ya, walau mereka hanya digendong.

Di tempat acara, saat registrasi di depan meja registrasi terdapat cerita tentang perjalanan sentuhan cinta yang telah dilakukan oleh Johnson’s. Ya, acara ini diselenggarakan oleh Johnson’s dan The Urban Mama.


Berdasarkan penjelasan Ibu Wynne Lukmanselaku Branch Manager dari Johnson’s, Program sentuh cinta ini telah lama dilakukan oleh Johnson’s untuk mendorong para orang tua khususnya ibu, untuk terus meningkatkan kesehatan dan perkembangan bayi.

Edukasi tentang pentingnya Pijat Bayi sebagai salah satu bentuk Sentuhan Cinta perlu diedukasikan untuk seluruh lapisan masyarakat. Bahkan Johnson's selaku produsen produk perawatan bagi bayi di tahun 2018 pernah melakukan edukasi pada para bidan tentang tata cara pijat bayi dengan sentuh cinta yang benar, dan berhasil meraih rekor MURI.




Penjelasan dari ibu Wynne tersebut didukung oleh dr. Dyah Retno Wudilan, Sp.Aselaku dokter spesialis anak,selaku pembicara selanjutnya. Bahwa pijatan bayi sebagai sentuhan cinta ini sangat banyak manfaatnya terutama saat 1000 hari pertama tumbuh kembang bayi.

Berikut manfaat pijat bayi.

Manfaat Fisik
1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
2. Membantu memperlancar sistem peredaran darah
3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi/pernafasan
4. Membantu meningkatkan berat badan
5. Membantu meningkatkan sistem immunitas
6. Meningkatkan kulitas tidur dan memperlama masa,  tidur lebih lelap dan lama sehingga bisa meningkatkan kualitas memori.

- Manfaat Emosional
1. Meningkatkan bonding antara orang tua, khususnya ibu dengan anak.
2. Lebih mudah bersosialisasi, seperti tersenyum dan kontak mata.
3. Membantu meredakan rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi saat terserang kolik, atau saat bayi tumbuh gigi.
4. Bayi lebih riang dan tidak mudah rewel

Setelah mendapatkan beberapa penjelasan manfaat tentang pijat bayi diatas, kami diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari ahlinya, Instruktur Pijat Bayi Tersertivikasi dari Johnson’s, Ibu Gina Puspanti Anggraeni, bagaimana cara memijat bayi yang benar dan tepat.


Di situ, kita tidak hanya melihat apa yang dilakukan instruktur ya, tetapi juga langsung bisa praktek walau hanya menggunakan boneka bayi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pijat bayi.

1.  Jangan dilakukan saat bayi sedang tidur atau menangis.
Apabila saat melakukan pemijatan dan bayi tertidur atau menangis, maka berhenti terlebih dahulu, baru kemudian bisa dilanjutkan kembali saat bayi terbangun atau sudah tenang.
2. Jangan menggunakan produk dengan bau yang menyengat, sehingga membuat bayi tidak nyaman.
3. Perhatikan kebersihan dan kenyamanan, seperti alas untuk memijat bayi dan suhu ruangan saat memijat.
4. Jangan menekan terlalu keras, dan jangan memijat bagian tulang punggung bayi.
5. Gunakan baby oil dan atau lotion. Baby oil biasa digunakan untuk memijat saat menjelang tidur, sedangkan baby oil digunakan saat sebelum mandi.
6. Lakukan setiap hari secara rutin.

Pijat bayi dilakukan tentunya terbagi dalam beberapa tahapan, diantaranya
-          Pijat Wajah
-          Pijat Perut
-          Pijat Tangan
-          Pijat Kaki
-          Pijat Punggung

Untuk info lebih lengkap tentang teknik dalam memijat bayi, kamu bisa langsung klik web Johnson’s.

Hal menarik lain saat even johnson's adalah ketika tau bahwa Johnson's juga bekerja sama dengan Habitat Fot Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) dan saluran air bersih di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur serta melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi di 10 kota di Indonesia bersama 22 orang tim edukasi profesional.


Dan untuk kita bisa juga berpartisipas unmtuk menyukseskan program sentuhan cinta yang dilakukan Johnson's di tahun 2019 ini, yaitu dengan berdonasi melalui pembelian produk Johnson's, baik melalui Alfamart atau Shopee setiap pembelian senilai minimum Rp.25.000,-.

Selain itu, jika melakukan pembellian di toko-toko lain juga bisa, yaitu dengan pembelian Johnson's Oil 125mL atau Top to Toe Bath 400mL atau Baby Lotion 200mL. 

Dari transaksi pembelian, kalian aan otomatis menyumbangkan Rp. 500,- untuk kesuksesan pembangunanj Posyandu di Randusongo.



2 comments:

  1. Di acara ini jadi tahu, pijat ada urutannya agar si baby nyaman, kalau yang dulu aku tahu dari mbak mbak tukan pijit di desa, pokoknya mijat aja gitu..

    ReplyDelete
  2. apakah akan ada bayi berikutnya? :D

    ReplyDelete