Apr 5, 2022

Menu berbuka “Kraft Crolette” menggunakan Keju Kraft Cheddar


Karena rasa ingin tahu itu awal puasa kali ini kami sama-sama nungguin sidang isbath, nyimak tv sejak magrib. Biasanya mah boro-boro, seringnya ke masjid kalo ternyata besok puasa ya lanjut tarawih kalo nggak ya pulang deh.

Hal lain yang menarik kali ini adalah anak-anak saya libatkan dalam menyusun menu mingguan untuk takjil dan menu sahur dan makan malam. Ya, seminggu sekali, kalo langsung sebulan soalnya bakalan banyak mblesetnya. Hahaha.

Mereka tentu antusias banget, dan untuk menu berbuka atau takjilnya kami usahakan untuk buat sendiri, nggak melulu beli seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Anak-anak ikut membantu menentukan menu memang memudahkan tentu saja. Biar emak nggak kerjaannya mikir “besok masak apa??” Hahaha. Tapi tentu tricky banget kan kalo anak-anak yang atur menu. Lebih ke apa yang mereka suka aja. Tentu menu gak jauh dari ayam ayam ayam cuma beda cara masak aja. Sayur mah kalau nggak dikasih ultimatum harus ada sayur bakal nggak masuk tuh ke list menu.

Begitupun menu berbuka atau takjil, emak kasih beberapa pilihan. Tapi anak-anak ini entah kenapa bisa aja buat menu yang didalamnya terselip keju.Seperti pisang karoma cokelat keju, atau siomay isi keju. Duh duh duh… Dan kemudian tiba-tiba Zianka mengusulkan untuk buka pertama dia pengen nyona recook “Kraft Crolette”. 

Ternyata dia dapat menu itu dari instagram dan dia sudah coba tulis bahan dan cara membuatnya. Cukup simple sih karena hanya dua bahan, telur 2 butir dan keju 30gr. Tentunya minyak goreng/margarin secukupnya untuk membuat telur dadarnya.

Zianka wanti-wanti banget, “ibu beli keju harus yang Kraft Cheddar, jangan yang All In One seperti yang biasa ibu pakai”. 

Sebelum-sebelumnya jika menggunakan keju, saya biasa memang memilih Keju Kraft dengan varian All in One. Keju kraft sudah terpercaya sebagai keju asli berbahan baku keju cheddar pada urutan pertama (bukan tepung atau air). Namun menariknya Kraft Cheddar ini dilengkapi dengan Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan vitamin D.

Ya, ternyata setelah saya ulik di instagram memang untuk membentuk crown pada Kraft Crolette memang harus menggunakan keju cheddar, dan enaknya lagi ada kemasan ukuran 30gr, jadi nggak perlu ribet untuk mengukur atau mengira-ira. Tinggal buka dan masak, jadi deh.

Berikut resep Kraft Crolette

Bahan :

- 2 Butir telur

- 30gr Keju Cheddar

- Minyak goreng / margarin secukupnya

Cara membuat :

- Kocok telur hingga rata

- Panaskan pan teflon, masak telur dan lipat-lipat, lalu sisihkan.

- Parut Kraft Mini Cheddar diatas pan teflon yang kering, letakkan telur diatas parutan keju.

Tunggu sekitar 2 menit, masak dengan api sedang

- Angkat dengan spatula hingga keju membentuk crown hingga keju kaku

- Sajikan

Cara masaknya memang tricky banget, saya sempat mengambil cara tidak meletakkan telur diatas keju tapi langsung mengangkat keju menggunakan spatula, dan dibentuk. Jika sudah membentuk crown (posisi terbalik) tunggu keju dingin baru dibalik dan diletakkan diatas telur.

Menunya simple, tapi kandungan protein dan kalsiumnya cocok terutama dihidangkan saat puasa seperti sekaranf. Jika untuk berbuka memang pas banget, mengenyangkan. Terkebih kebiasaan anak-anak makan malam (nasi) setelah mereka pulang dari tarawih. Menu ini tentu cocok sekali untuk mengganjal perut.

So, selamat mencoba dan selamat berpuasa untuk yang menjalankan ibadah puasa.

1 comment:

  1. crown mu kok uayu ngono buk? puinter masak memang. Ndang nulis maneh buk, ben tambah akeh koleksi dokumentasi masakannya.

    ReplyDelete