Dec 16, 2017

Hobi Baca, dan ini 7 Novel Popular Favorit Saya




Membaca adalah salah satu hobby saya yang mungkin sudah saya lakukan sejak masih kecil. Berawal dari Papi yang lebih suka membawa saya ke toko buku jika sedang jalan-jalan, selain itu juga di sekolah SD dulu sekolah juga memfasilitasi perpustakaan yang cukup menarik bahkan ada jam pelajaran yang mengharuskan satu kelas pergi ke perpustakaan.

Berawal dari buku karya Enid Bylton yang membuat saya makin cinta membaca, kemudian berkenalan dengan komik-komik semacam Candy Candy dan Mari Chan, dan berakhir dengan mengikuti novel terbitan Gramedia yang berlambang MetroPop.

Hobi baca saya juga didukung oleh kakak-kakak saya. Jarak usia kami lumayan terpaut jauh, jadi ketika saya masih SD mereka sudah mulai kerja, jadinya merekalah yang juga menyokong kebutuhan saya akan bacaan. Nggak banyak mungkin, tetapi bagi saya dulu adalah sesuatu yang mewah. Ketika tiap dua minggu sekali saya mendapatkan tabloid bobo atau donald bebek, hingga dapat mengkoleksi secara lengkap dari nomer awal hingga akhir.

Semua itu berakhir ketika saya memasuki SMP, tentu Bobo sudah lagi bukan bacaan untuk anak SMP ya. Dari situ saya hanya mengandalkan perpustakaan sekolah dan penyewaan buku didekat rumah. Baru ketika saya kuliah dan mulai nyambi bekerja, bisa deh mulai membeli buku yang diinginkan. Sampai akhirnya saya menikah, dan memiliki suami yang juga suka membaca. Sekarang rasanya kecepatan baca saya lebih kecil daripada kemampuan membeli bukunya. Huhuhu. Mungkin ini bisa jadi resolusi untuk tahun mendatang. Nanti ah, saya tuliskan di post terpisah. Semoga nggak males ya, hahaha.

Hobi baca, iya. Mengkoleksi buku terutama novel, iya. Namun, ketika saya ditanya apa novel favorit, eeeh sayanya malah kelabakan. Bukan karena saya tidak memiliki novel favorit tetapi banyak novel yang saya suka. Hahaha.

Untuk tulisan kali ini, saya berkolaborasi dengan mbak Tata pemilik blog dekcrayon.id dengan mengusung tema “Buku Favorit” dan ya, awalnya saya bingung mau memilih buku yang mana. Hahaha.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil beberapa novel populer, ada beberapa yang saya sisihkan untuk bahan tulisan berikutnya. Hehehe. Lumayan lah ya, yang tadinya bingung harus memilih apa malah melahirkan beberapa ide tulisan.

Jadi, berikut 7 novel populer favorit saya.

1. Orange karya Windry Ramadhina

Kisah cinta yang conplicated tapi berhasil diceritakan dengan begitu menarik oleh penulisnya, saat ini saya sedang membaca ulang buku ini, salah satunya karena ya ini buku favorit saya namun saya sedikit lupa dengan detail ceritanya sehingga ingin membaca ulang. Namun karena buku ini diterbitkan ulang dengan penambahan detail, saya rasa buku ini semakin menarik.

2. Kedai 1001 Mimpi karya Valiant Budi

Buku karya Valiant Budi ini sangat menarik, karena menuliskan kisahnya ketika menjadi seorang TKI, di negara Saudi Arabia. Buku yang mengkisahkan pengalaman Vabyo, nama panggilan Valliant Budi, ini seakan bisa membawa saya seakan mengalami sendiri apa yang dia alami. Apa yang dia lihat dan nikmati.

3. Éclair karya Prisca Primasari

Saya mengkoleksi semua karya Prisca, dan diawali dengan saya jatuh cinta dengan novel ini. Kemarin waktu menghadiri acara bersama Prisca saya baru tahu kalau buku ini bukan karya pertama dia, namun rupanya dia tidak ingin membicarakan tentang karyanya sebelum buku ini. Saya suka buka ini karena saat itu, lupa tahun berapa, rasanya buku ini yang pertama bisa mengajak saya berimajinasi berada dinegara Rusia. Detail-detail kecil tentang setting lokasi disetiap karya Prisca itu yang saya sukai.

4. Life Traveler karya Windy Ariestanty

Kisah perjalanan karya Windy ini saya suka karena mengajak saya untuk ikut tertarik dalam perjalanan yang ia lakukan.

5. Marriagable karya Riri Sardjono

Buku ini bisa dikatakan novel favorit pertama saya, walau kalau ditanya sekarang apa ceritanya saya sedikit lupa. Ya saya bukan tipe yang bisa mengingat semua detail cerita dalam buku yang pernah saya baca. Ini juga yang jadi alasan saya mengkoleksi buku, akan saya baca ulang jika saya memang suka buku tersebut.

6. Purple Eyes karya Prisca Primasari

Ini karya Prisca juga, dan saya jadikan favorit karena saya merasa buku ini berbeda dengan karya Prisca lainnya.

7. Seri 4 Musim karya Ilana Tan

Sebenarnya buku ini ingin saya simpan untuk posting selanjutnya, tapi rasanya kurang afdol kalau tidak mencantumkan seri ini. Walau mungkin masing-masing buku memiliki cerita yang berbeda tetapi saya rasa seri ini adalah seri pertama yang saya baca dimana ada benang merah untuk menyatukan satu buku dengan buku yang lain. Menarik karena kamu baca terpisah Ok, tapi lebih lengkap rasanya kalau kamu baca dari buku pertama hingga terakhir.

Itu tadi 7 Novel Popular/Buku favorit saya, dan mbak Ta juga menulis tentang 5 Buku Inspiratif Favoritnya. Kamu punya novel populer favoritmu? Boleh loh tuliskan dikolom komentar.


9 comments:

  1. Semua novelnya Andrea Hirata mulai Laskar Pelangi sampai Sirkus Pohon.
    Suka juga tetralogi Pulau Buru punya Pram.
    Serial Sherlock Holmes dan Hercule Poirot.
    Yang terakhir semua bukunya Dan Brown. Kecuali yang Origin belom punya. Susah euy nyarinya.

    ReplyDelete
  2. Novel favoritku lumayan banyak... Ada Dunia Sophie, Semua Ikan di Langit, Gadis Jeruk, 1984, Animal Farm, Cantik Itu Luka, dan masih banyak yang lain! Hehe.

    ReplyDelete
  3. dari 7 fav buku mba aku baru baca Marriagable hehhe dan lupa saja sekarang isinya begimana :p

    ReplyDelete
  4. Wah bisa buat refrensi nih kalo mau baca novel. Kebetulan dari ketujuh list itu belum pernah aku baca.

    ReplyDelete
  5. Novel kesukaanku jaman dulu "ghostboom" mbak(tulisannya lupa), hehehe, kalau novel Indonesia yang aku suka "cerita hantu di sekolah". Adalagi satunya metamorfosis. Baru sadar, novelku kok serem serem ya, hahahhaah...

    ReplyDelete
  6. marriagable dan antologi rasa mbak lainnya hmm apa ya rectoverso kali ya tapi bukuku ilang

    ReplyDelete
  7. Ah aku baru baca bukunya ilana tan sama eclair aja. Favoritku sih novelnya ahmad fuadi yang trilogi 5 menara itu asik serasa diajak jalan-jalan. Pulang-nya Leila Chudori itu juga bagus aku suka.

    ReplyDelete
  8. Tertarik pengen baca yang Life Traveler. ^_^

    ReplyDelete