Aug 21, 2016

Rasa

Teman-teman ada yang suka minuman manis?

Hmmm, dulu saya dan suami suka yang manis-manis. Tapi, entah sejak kapam, saya lupa tepatnya kami jadi kurang begitu suka minuman manis.


Kenapa hanya minuman? Karena kalau makanan kami emang jarang makan yang manis-manis. Hehehe.

Kami sadarnya saat puasa kemarin.

Tahun lalu, berbuka puasa bisa hampir tiap hari kami entah itu buat sendiri atau beli es oyen. Es yang baru saya jumpai hanya setelah saya di Surabaya. Mirip es campur, hanya saja menggunakan santan. Dan saat puasa kemarin memasuki pertengahan Ramadhan suami beli donk es oyen. Dan hasilnya, terbuang larena nggak ada yang mau minum. Sayang sih, tapi ya gak mungkin juga mau dikasih ke orang, lah udah kena sendok yang udah mampir dimulut kita.

Anak-anak malah minta saya buat lemon tea. Ya karena sejak awal puasa biasanya saya buatnya lemon tea, dan itu tidak terlalu manis.

Sekarang sih, duo krucils jadi kurang suka yang terlalu manis. Cokelat, susu uht, atau apa saja, mereka masih suka, syarat ya itu asal nggak terlalu manis. Susu UHT aja kalau kemasan besar dipastikan bakal ngendon dikulkas setelah diminum setengahnya. Alesannya pasti, buat nanti lagi bu. Hehehe.

Untuk masakpun begitu juga. Kadang masakan saya buat orang lain terasa hambar, terlebih kalau tumis-tumisan. Tapi, suami dan anak-anak makannya lahap aja tuh.

Bahkan pernah mertua bertanya, "sayurnya nggak dikasih garam?"

Saya kasih kok, tapi mungkin gak sebanyak orang lain. Hehehe. Saya biasanya hanya memberi garam saat menumis bumbunya, seperempat sendok teh garam dan seperempat kurang dikit sendok teh gula. Setelahnya ya nggak dikasih lagi.

Suami kalau saya tanya, bilangnya sih pas aja. Bukan buat nyenengin sih pastinya, karena dia kalau gak suka udah to the ppin bahkan sampe bilang "besok-besok gak usah masak ini lagi deh. Gak enak"  muahahaha.

Ah ya, post ini saya buat karena sekarang saya jadi bisa mengurangi kopi. Saya jarang sih minum kopi hitam, tapi kalo yang cappuccino dulu mah favorit tapi kemarin pas buat berasa muanis bianget. Jadi mikir-mikir kalo mau buat hahahaha.

5 comments:

  1. Kalau minuman yang terlalu manis juga saya kurang suka :D

    ReplyDelete
  2. Aku jrg bgt minum manis. Makanan manis jg msh normal. Air putih wajib

    ReplyDelete
  3. waw jleb banget ya si kang mas to the poinnya :)) klo aku jd kamu langsung ngambek :P

    ReplyDelete
  4. Kadang kalo sekali2 mah enak ya minum yg manis. Kalo tiap hari, tekor juga gula cepet abis. Juga cepet memicu batuk.

    ReplyDelete