Aug 17, 2016

Kok gak mau

Beberapa waktu lalu saudara sepupu Ziandra ada yang ke rumah eyang ti, yang notabene letaknya persis depan rumah kita. Usia hanya terpaut 3 bulan lebih muda dari Ziandra, dan tahun ini pun mulai masuk sekolah.
Tak ada yang aneh dengan kedatangan sepupu Ziandra, mereka asyik bermain dan berceloteh. Hingga saat dia akan pulang, terjadi percakapan ini.

Eyang Ti : Alia besok sekolah ya.
Alia : Emoh.

Eyang Ti : Loh kenapa?
Alia : Males, nggak seru.

Percakapan tentunya berlanjut dengan bujukan dan nasihat. Tapi percakapan singkat itu yang sepertinya paling di   Ziandra. Dia tidak meniru, justru bertanya setelah kami tiba di rumah dan sepupunya itu pulang.

Ziandra : Bu, Alia kok nggak mau sekolah?
Saya : Mungkin masih sakit, kata pakdhe (ayah alia) kemarin alia habis sakit.

Ziandra : Kata Alia, Alia males. Nggak seru.
Saya : Ooooh (bingung mau jawab apa, jangan sampe kena jebakan batman yg berujung Ziandra tiru2)

Ziandra : Padahal loh, sekolah enak ya bu. Ke sawah, ke masjid, berenang, makan bareng sama teman, ada lomba.
Saya : Seru ya sekolah itu.

Ziandra : Iya, nanti kalau nggak masuk kasihan bu guru nungguin.
Saya : Hu um, mas yang rajin ya sekolah.

Ziandra : *cuman mengangguk, lanjut makan pentol*

Alhamdulillah, dari percakapan itu saya makin yakin Ziandra enjoy sekolah walau masih TK dan hampir full day. Kegiatan yang tidak menjemukan yang diberikan dan mungkin juga cara guru menyampaikan materi membuat dia suka pergi ke sekolah.

Ucapan terakhir Ziandra bisa dikatakan salah satu pilihan kalimat yang saya pilih untuk membuatnya mau sekolah, juga bangun pagi. Saya saat membangunkannya pagi dan dia terlihat malas-malasan maka saya bilang "ayo, mas... nanti telat loh... kasihan bu gurunya nanti nungguin mas."

Saya jarang menggunakan alasan "nanti di marah bu guru loh!" atau "ih, sudah TK kok gitu." Sebisa mungkin tak menggunakan kalimat itu, karena bisa membuatnya merasa takut akan guru atau terbebani dengan status anak TKnya.

9 comments:

  1. ziandraaa gemesin banget ih calon siswa teladan ya nak

    ReplyDelete
  2. Knp mbak ga bilang : ih kok ud tk kok gitu?
    Aku kadang ngomong gitu kalo si abang males mandi. Ngomongnya sih gini : ih kok udah gede, kok males mandi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pernah kejadian mbak... Ngomong "ih sudah mau TK kok gitu." Dan berujung dia jadi segan mau masuk TK bahkan pernah bilang "aku paud aja, nggak mau TK" nah loh... Hahahaha

      Jadilah kata itu mulai dihindari, kecuali dia yang bilang sendiri, atau diubah kalimatnya "mas kan udah TK, udah makin pinter... jadi nggak boleh males ya."

      Delete
  3. Pemilihan kata utk anak, aku masih seringkali terkesan bikin takut.. Oke nanti aku mau tiru mas Zian ^^ bu guru menunggu

    ReplyDelete
  4. yup! Sebetulnya bukan tentang full day atau tidak. Tapi bagaimana suasana sekolah, termasuk sikap para guru. Kalau udah bikin nyaman, biasanya bikin betah walaupun full day. Malah masih suka susah diajak pulang hehehe

    ReplyDelete