Jul 24, 2018

Meningkatkan Lima Potensi Prestasi dalam Festival Sahabat Generasi Maju Bersama SGM Eksplor

Kini sejak Ziandra masuk ke sekolah dasar maka kegiatan hari minggu mulai dikurangi. Kalau saat mas masih TK kegiatan jalan-jalan yang sering kami lakukan di hari minggu bisa sampai malam, walau tetap jam 9 sudah harus ada di rumah dan anak-anak sudah siap tidur.

Kegiatan hari minggu dikurangi karena hari minggu Ziandra harus mulai mempersiapkan untuk pelajaran hari senin. Walau ini baru awal, tapi saya dan suami sepakat untuk pembiasaan lebih cepat tentunya lebih baik.




Nah, kebetulan hari minggu kemarin untuk menghadiri acara yang diadakan oleh SGM Eksplor di parkir timur Delta Plaza Surabaya. Saat itu saya bagi tugas dengan suami, beliau yang menemani anak-anak untuk bermain di beberapa both yang disediakan seperti booth olahraga dan booth kreativitas.






 




Sedang saya yang selalu tertarik mengikuti sharing tentang tumbuh kembang anak tentu tak melewatkan kesempatan kemarin bisa hadir dan sharing bersama Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, Msi Psi. juga bersama Ibu Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor.



Materi yang dibahas kali ini adalah tentang 5 Potensi Prestasi pada anak yang bisa membuatnya menjadi Anak Generasi Maju.
Sesi sharing dibuka dengan pemaparan dari Ibu Astrid tentang diadakannya Festival Sahabat Generasi Maju ini yang dimaksudkan bahwa visi SGM Ekplor yang percaya bahwa setiap anak memiliki hak sama untuk memiliki masa depan yang cerah dan mengejar cita-cita yang anak-anak inginkan.

Untuk dapat mewujudkan itu SGM Ekplor telah lama mengadakan berbagai kegiatan untuk memberikan edukasi tentang nutrisi pada para orang tua dan pelengkapan nutrisi pada si kecil untuk memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju.

Ditambahkan oleh Psikolog Anna Surti, yang lebih akrab dipanggil Ibu Nina, bahwa setiap anak memiliki potensi yang sama yang harus digali untuk dapat prestasi yang tentunya diinginkan oleh semua orang tua.

Namun perlu diingat bahwa prestasi tak melulu di bidang akademis, namun ada lima perkembangan utama dari tumbuh kembang anak yang harus terus diperhatikan dan digali oleh orang tua.

1. Fisik
2. Kognitif
3. Bahasa
4. Emosi
5. Sosial

Kelima perkembangan tumbuh kembang anak tersebut yang di stimulasi dengan baik maka akan menjadikan anak menjadi bagian dari Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, yang meliputi aspek Cerdas Kreatif, Tumbuh Tinggi dan Kuat, Supel, Mandiri dan Percaya Diri.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi Potensi Prestasi  Anak Generasi Maju contohnya stimulasi pada motorik kasar dan halus anak, seperti yang bisa dilakukan di booth Kelas Olah Raga, ada kegiatan basket mini juga sepakbola mini. Dimana anak dilatih untuk koordinasi tangan dan kaki saat bergerak, jika koordinasinya bagus dan anak juga kuat dan sigap maka menunjukkan perkembangan tinggi dan kuat anak.

Kemudian untuk meningkatkan aspek cerdas dan kreatif, mandiri dan percaya diri terdapat booth Kelas Kreatifitas juga ada lomba mewarnai. Dari sini orang tua diminta untuk tidak selalu membantu anak misal dalam mewarnai, walau bagaimana pun hasil mewarnai anak biarkan anak untuk berkreasi sendiri karena hal tersebut dapat menumbuhkan kreativitas anak juga sekaligus melatih kemandirian juga percaya diri.

Dengan tidak dibantu anak menjadi pecaya diri dengan hasilnya sendiri, tentunya orang tua bagaimanapun hasilnya tetap harus menghargai usaha anak, bukan jika jelek langsung diejek yang bisa menjatuhkan rasa percaya diri anak.

Untuk melatih kreatifitas mainan seperti puzzle bisa dikatakan kurang tepat, mungkin untuk melatih kecerdasan bisa. Jika ingin melatih kreatifitas bisa dengan bermain playdough di mana anak-anak bisa berkreatifitas dengan imajinasinya sendiri.




Hal lain yang perlu diingat adalah potensi prestasi ini berbeda dengan bakat, jika bakat maka satu anak dengan anak yang lain tentunya berbeda. Namun jika potensi prestasi ini bisa dilihat menggunakan tabel mile stone anak sesuai dengan usianya.

Hal yang menarik perhatian saya adalah tentang besarnya dukungan yang diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal peningkatan edukasi dan nutrisi pada anak-anak bangsa. Salah satunya dengan kegiatan mini mobi yang telah berkeliling ke 8.000 area di Indonesia yang tidak hanya melakukan edukasi nutrisi tapi juga memberikan stimulasi melalui permainan edukatif.

Selain itu untuk lebih menjangkau banyak orang SGM Eksplor juga menggunakan media digital yang tentunya makin banyak digunakan oleh masyarakat seperti Facebook Aku Anak SGM.

Dan juga mengadakan acara seperti Festival Sahabat Generasi Maju kemarin.

Satu pertanyaan menarik saat sharing kemarin adalah bagaimana jika salah satu potensi prestasi anak kurang atau tidak sesuai umurnya. Jawaban dari Ibu Nina adalah mile stone anak apakah masih sesuai tidak dengan usianya dan kemudian cari penyebab kurang berkembangnya potensi tersebut.

Dengan mengetahui penyebabnya maka tentunya akan lebih mudah untuk mencari solusi penanganannya.

Ah, sharing masalah parenting dan tumbuh kembang anak ini selalu menarik untuk disimak dan selalu memberi ilmu baru.

3 comments:

  1. ibu2 pasti hepi kalau semua instansi membuat kegiatan yang mencerdaskan seperti ini ya

    ReplyDelete
  2. Beruntung banget deh yang hadir kemaren, banyak hal-hal bermanfaat yang bisa didapatkan, salut ama SGM Eksplor yang komit banget dalam memaksimalkan potensi anak Indonesia 😊

    ReplyDelete
  3. SGM selalu tahu yang orangtua butuhkan utk anak .. The best banget! Selalu suka event nya SGM!

    ReplyDelete