Apr 19, 2018

Pesona Unik Tomohon, Kota Sejuta Bunga

Mengajak anak untuk dapat mengeksplorasi keindahan alam Indonesia adalah salah satu impian saya. Walau selama ini baru terwujud mengunjungi beberapa tempat wisata di daerah Jawa, khususnya Jawa Timur. Sekarang anak sudah mulai sekolah, pengaturan waktu untuk jalan-jalan berwisata apalagi ke tempat yang cukup jauh harus direncanakan jauh-jauh hari.Ada beberapa destinasi wisata yang menjadi incaran saya dan suami, salah satunya adalah Tomohon yang terletak diSulawesi Utara.

Beberapa kali melihat keindahan Kota Tomohon melalui beberapa postingan sahabat maupun yang tersebar di dunia maya membuat saya ingin sekali kesana. Kota Tomohon mungkin menjadi bukti bahwa Bandung bukan satu-satunya “Kota Kembang” di Indonesia. Kota yang terletak tidak jauh dari Manado ini memang memiliki iklim serta kondisi tanah yang cocok untuk menanam bunga.

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah tiket pesawat pastinya, dan yang sering saya lakukan adalah berburu promo tiket pesawat AirAsia murah. Jadi jika kamu ingin ke Menado, jangan lupa untuk memasukkan Tomohon dalam salah satu tujuan perjalananmu.

Source : infobaswara
Mengapa saya sangat ingin mengunjungi Tomohon? Satu hal yang selalu saya ingin lakukan jika melakukan perjalanan wisata adalah mengunjungi tempat-tempat yang berudara sejuk. Tomohon adalah salah satunya. Selain itu karena Tomohon merupakan area yang terdiri dari 35 desa, dan bertempat di kaki Gunung Lokon, sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Manado. Kota ini memiliki deretan kebun berisi berbagai spesies bunga. Hampir semua sisi Tomohon menawarkan panorama indah, seperti pemandangan perbukitan, pepohonan di pinggir jalan, dan toko serta kebun-kebun bunga bertebaran.

Berikut daya tarik dari kota Tomohon, yang pastinya bikin mupeng untuk melakukam perjalanan wisata kesana.

• Festival bunga
Tomohon adalah lokasi penyelenggaraan ajang tahunan Tomohon International Flower Festival, yang diadakan dari tanggal 8 hingga 10 Agustus. Acara utama festival ini adalah parade dengan float berdekorasi unik yang dihiasi bunga-bunga. Pesertanya datang dari berbagai area di Indonesia, dan bahkan beberapa negara.

Selain parade kendaraan hias, festival ini juga menjadi ajang peragaan kreasi busana dari bunga, yang banyak diikuti desainer kreatif dari dalam maupun luar Manado. Acara ini juga bisa menjadi kesempatan untuk wisata kuliner, karena banyak orang berjualan makanan dan minuman di sepanjang jalan.

• Gunung Mahawu
Gunung Mahawu berlokasi tidak jauh dari Tomohon, dan merupakan lokasi ideal untuk petualangan seperti mendaki (jalan kaki) dan memotret berbagai spesies burung. Gunung ini tidak jauh dari Air Terjun Ranowawa, tempat wisata alam lain di Tomohon.

• Desa Rurukan
Desa Rurukan merupakan lokasi Taman Bunga Tomohon, yang keindahannya sering disamakan dengan kebun bunga Belanda atau Prancis Selatan. Desa Rurukan berada di dataran tinggi, tepatnya di kaki Gunung Mahawu, sehingga udaranya sejuk. Desa ini juga memiliki peternakan kelinci dan kebun stroberi. Pelancong bisa datang pagi-pagi untuk melihat matahari terbit.

• Perkampungan Bunga
Berlokasi di Kakaskasen, Perkampungan Bunga adalah pusat perkebunan dan usaha bunga. Pelancong bisa datang ke sini untuk melihat beragam bunga yang ditanam penduduk setempat, dan bahkan membeli bibit atau bunga di pot.

• Bukit Doa
Masih berada di area Kakaskasen, Bukit Doa merupakan tempat wisata religi favorit bagi warga Kristiani, baik dari Manado maupun area lain. Bukit ini ditata dengan baik dan memiliki jalur dengan 14 pemberhentian, yang melambangkan kesengsaraan Yesus. Selain memiliki pemandangan indah dan tempat refleksi, bukit ini juga memiliki fasilitas untuk acara pernikahan atau hajatan lain.

• Danau Linow
Berlokasi di Keluharan Lahendong, Danau Linow menawarkan panorama unik dengan airnya yang kadang berwarna kehijauan, cokelat, atau kebiruan, tergantung pantulan cahaya. Danau ini dikelilingi pepohonan dan perbukitan, dan ada jalur jalan kaki serta tempat bersantai di sekitarnya. Area wisata danau ini memiliki kedai kopi dengan panorama indah.

Source : indonesiakaya
Dan tahu nggak kalau tempat-tempat ini belum mencakup semua pesona wisata Tomohon, tetapi tempat-tempat itu wajib dimasukkan ke dalam rencana kunjungan Anda.

Dan berikut juga ada tips jika kamu ingin berkunjung ke Kota Tomohon.

Sebagai area wisata, Tomohon sudah memiliki fasilitas standar untuk turis. Pengunjung bisa menemukan penginapan, restoran, toko, bengkel, dan fasilitas lainnya. Jika datang pada musim puncak, atau menjelang Festival Bunga Internasional, pastikan memesan akomodasi beberapa minggu sebelumnya. Tomohon memiliki banyak penginapan murah, tetapi bisa juga menginap di resort perbukitan yang tidak jauh dari sini.

Seperti saya, yang harus mencocokkan jadwal dengan anak-anak libur yang biasanya bertepatan dengan saat-saat peak season, jadi agar perjalanan lebih irit, pastikan memesan tiket pesawat dari Airy. Selain praktis, juga akan mendapat kisaran harga cukup murah, dan yang terpenting tanpa biaya tersembunyi.


2 comments:

  1. Kampung halaman suamiku, tapi belum pernah ke sana. Udah diajak2 mertua huhuhu

    ReplyDelete