Apr 19, 2018

Pesona Unik Tomohon, Kota Sejuta Bunga

Mengajak anak untuk dapat mengeksplorasi keindahan alam Indonesia adalah salah satu impian saya. Walau selama ini baru terwujud mengunjungi beberapa tempat wisata di daerah Jawa, khususnya Jawa Timur. Sekarang anak sudah mulai sekolah, pengaturan waktu untuk jalan-jalan berwisata apalagi ke tempat yang cukup jauh harus direncanakan jauh-jauh hari.Ada beberapa destinasi wisata yang menjadi incaran saya dan suami, salah satunya adalah Tomohon yang terletak diSulawesi Utara.

Beberapa kali melihat keindahan Kota Tomohon melalui beberapa postingan sahabat maupun yang tersebar di dunia maya membuat saya ingin sekali kesana. Kota Tomohon mungkin menjadi bukti bahwa Bandung bukan satu-satunya “Kota Kembang” di Indonesia. Kota yang terletak tidak jauh dari Manado ini memang memiliki iklim serta kondisi tanah yang cocok untuk menanam bunga.

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah tiket pesawat pastinya, dan yang sering saya lakukan adalah berburu promo tiket pesawat AirAsia murah. Jadi jika kamu ingin ke Menado, jangan lupa untuk memasukkan Tomohon dalam salah satu tujuan perjalananmu.

Source : infobaswara
Mengapa saya sangat ingin mengunjungi Tomohon? Satu hal yang selalu saya ingin lakukan jika melakukan perjalanan wisata adalah mengunjungi tempat-tempat yang berudara sejuk. Tomohon adalah salah satunya. Selain itu karena Tomohon merupakan area yang terdiri dari 35 desa, dan bertempat di kaki Gunung Lokon, sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Manado. Kota ini memiliki deretan kebun berisi berbagai spesies bunga. Hampir semua sisi Tomohon menawarkan panorama indah, seperti pemandangan perbukitan, pepohonan di pinggir jalan, dan toko serta kebun-kebun bunga bertebaran.

Berikut daya tarik dari kota Tomohon, yang pastinya bikin mupeng untuk melakukam perjalanan wisata kesana.

• Festival bunga
Tomohon adalah lokasi penyelenggaraan ajang tahunan Tomohon International Flower Festival, yang diadakan dari tanggal 8 hingga 10 Agustus. Acara utama festival ini adalah parade dengan float berdekorasi unik yang dihiasi bunga-bunga. Pesertanya datang dari berbagai area di Indonesia, dan bahkan beberapa negara.

Selain parade kendaraan hias, festival ini juga menjadi ajang peragaan kreasi busana dari bunga, yang banyak diikuti desainer kreatif dari dalam maupun luar Manado. Acara ini juga bisa menjadi kesempatan untuk wisata kuliner, karena banyak orang berjualan makanan dan minuman di sepanjang jalan.

• Gunung Mahawu
Gunung Mahawu berlokasi tidak jauh dari Tomohon, dan merupakan lokasi ideal untuk petualangan seperti mendaki (jalan kaki) dan memotret berbagai spesies burung. Gunung ini tidak jauh dari Air Terjun Ranowawa, tempat wisata alam lain di Tomohon.

• Desa Rurukan
Desa Rurukan merupakan lokasi Taman Bunga Tomohon, yang keindahannya sering disamakan dengan kebun bunga Belanda atau Prancis Selatan. Desa Rurukan berada di dataran tinggi, tepatnya di kaki Gunung Mahawu, sehingga udaranya sejuk. Desa ini juga memiliki peternakan kelinci dan kebun stroberi. Pelancong bisa datang pagi-pagi untuk melihat matahari terbit.

• Perkampungan Bunga
Berlokasi di Kakaskasen, Perkampungan Bunga adalah pusat perkebunan dan usaha bunga. Pelancong bisa datang ke sini untuk melihat beragam bunga yang ditanam penduduk setempat, dan bahkan membeli bibit atau bunga di pot.

• Bukit Doa
Masih berada di area Kakaskasen, Bukit Doa merupakan tempat wisata religi favorit bagi warga Kristiani, baik dari Manado maupun area lain. Bukit ini ditata dengan baik dan memiliki jalur dengan 14 pemberhentian, yang melambangkan kesengsaraan Yesus. Selain memiliki pemandangan indah dan tempat refleksi, bukit ini juga memiliki fasilitas untuk acara pernikahan atau hajatan lain.

• Danau Linow
Berlokasi di Keluharan Lahendong, Danau Linow menawarkan panorama unik dengan airnya yang kadang berwarna kehijauan, cokelat, atau kebiruan, tergantung pantulan cahaya. Danau ini dikelilingi pepohonan dan perbukitan, dan ada jalur jalan kaki serta tempat bersantai di sekitarnya. Area wisata danau ini memiliki kedai kopi dengan panorama indah.

Source : indonesiakaya
Dan tahu nggak kalau tempat-tempat ini belum mencakup semua pesona wisata Tomohon, tetapi tempat-tempat itu wajib dimasukkan ke dalam rencana kunjungan Anda.

Dan berikut juga ada tips jika kamu ingin berkunjung ke Kota Tomohon.

Sebagai area wisata, Tomohon sudah memiliki fasilitas standar untuk turis. Pengunjung bisa menemukan penginapan, restoran, toko, bengkel, dan fasilitas lainnya. Jika datang pada musim puncak, atau menjelang Festival Bunga Internasional, pastikan memesan akomodasi beberapa minggu sebelumnya. Tomohon memiliki banyak penginapan murah, tetapi bisa juga menginap di resort perbukitan yang tidak jauh dari sini.

Seperti saya, yang harus mencocokkan jadwal dengan anak-anak libur yang biasanya bertepatan dengan saat-saat peak season, jadi agar perjalanan lebih irit, pastikan memesan tiket pesawat dari Airy. Selain praktis, juga akan mendapat kisaran harga cukup murah, dan yang terpenting tanpa biaya tersembunyi.


Mar 11, 2018

Terang Bulan : Varian Terbaru Lapis Kukus Pahlawan

Kalau ada yang tanya, apa oleh-oleh khas Surabaya? Salah satu makanan yang langsung terpikir oleh saya adalah Lapis Kukus Pahlawan. Kenapa? Walau jajanan ini baru ada 2 tahun belakangan namun cukup mencuri perhatian, rasanya yang enak terlebih disukai oleh anak-anak saya, harganya pun cukup terjangkau dan gerainya mudah ditemui.

Mar 8, 2018

Untuk Generasi yang Lebih Baik, Perhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan

Anaknya kok mungil? 
Ya... lihat donk bapaknya tingginya segitu emaknya tingginya segini, wajarlah anaknya mungil.
Pernah mendapat atau memberi pertanyaan atau jawaban serupa? Tapi apa benar bahwa tinggi pendeknya anak dipengaruhi faktor genetik?

Beberapa kali saya sempat membaca tentang stunting, istilah untuk masalah yang dihadapi oleh seorang anak yang terhambat pertumbuhannya sehingga menjadi lebih pendek dari teman-teman seusianya. Stunting ini disebabkan oleh kurangnya asan gizi baik yang diterima oleh seorang anak.

Feb 26, 2018

Lomba Anak

Hari Sabtu dan Minggu kemarin anak-anak selama dua hari berturut-turut mengikuti lomba. Jika hari Sabtu lomba yang mereka ikuti merupakan kegiatan dari sekolah, yang hari minggu adalah lomba yang diadakan untuk umum.


Lomba di hari Sabtu, 24 Februari itu Ziandra mengikuti lomba tartil surat Al-Ikhlas sedang Zianka mengikuti lomba mewarnai kaligrafi Ar-rohman. Mereka senang, karena di tempat lomba bertemu dengan teman-teman lain yang mengikuti lomba juga. Kami sudah dilokasi lomba sejak jam 9 pagi, selesai sekitar jam 12 karena acara diadakan sedikit molor.

Feb 24, 2018

Musim Pelakor

Musim Pelakor, saya sempat yang mengerutkan dahi saat dua kata itu dijadikan satu. Apa karena sudah begitu maraknya kah, hingga ada istilah macam itu?

Mungkin semua orang juga tau, bahwa selingkuh (baik laki-laki atau perempuan yang melakukannya) itu sudah ada sejak dulu. Adanya perebut suami/istri orang, mungkin nggak terjadi baru-baru ini saja. Lalu mengapa baru ada istilah semacam itu sekarang.

Feb 18, 2018

Mimpi siapa, nih?

Mimpi siapa? Mungkin pertanyaan tersebut harus sering-sering diucapkan orang tua, saat ingin mengambil sebuah keputusan yang menyangkut kehidupan anaknya.

A post shared by inge (@noninge) on

Semua orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Sejak di kandungan terlebih ketika anak mulai beranjak dewasa. Masing-masing keluarga tentu memiliki cara pandang dan mimpi yang berbeda untuk masing-masing anaknya. Apa yang dilakukan dan diberikan oleh orang tua pastinya berharap akan membawa kebaikan untuk anaknya, walau mungkiiiin di mata orang lain apa yang dilakukan tersebut salah.

Feb 11, 2018

Menikah

Bener jaremu cak, rabi iku enak e mung awal tok.
Jreng... jreng... ngawali tulisan kok serem bener ya kalimatnya. Hahaha. Tenaaang, kalimat itu insyaAllah bukan keluar dari mulut saya maupun suami. Seorang teman berkata, dia tak sengaja mendengar dua orang suami sedang berbincang dan kalimat yang dia dengar, ya kalimat itu.

Jan 27, 2018

Green Tea Latte

Jika ada yang bertanya, minuman apa yang kamu suka, pada saya. Maka dari waktu kewaktu mungkin jawaban saya akan berubah-ubah. Jika dulu saya lebih memilih teh daripada kopi, kemudian beralih ke cappucinno, berubah lagi ke kopi hitam, kemudian cokelat dan sekarang saya lebih sering mengkonsumsi green tea latte. 

Jan 22, 2018

Girls Day Out

Beberapa waktu lalu, mas Ziandra sedang ada kegiatan outbond yang diadakan sekolah, dan karena Zianka bersekolah di sekolah yang sama maka dia libur, karena semua guru mengawal murid kelas B. Seperti tahu lalu sih sebenarnya, cuman tahun lalu adik belum sekolah. Saya memutuskan mengajak adik jalan-jalan, alasannya karena dia pengen jalan-jalan juga kaya' masnya. Tapi kalau masnya out bond kitanya nge-mall aja. Hahaha.


A post shared by inge (@noninge) on

Jan 19, 2018

Kado Ulang Tahun Anak

Sejak anak-anak masuk sekolah, beberapa kali tentu mendapatkan undangan perayaan ulang tahun dari temannya. Karena anak-anak masih kecil mereka terkadang ingin memilih kado untuk temannya sendiri,  amun masalahnya mereka belum mengerti masalah budget.

Jan 15, 2018

Kehilangan

Akhir tahun lalu, sempat gempar tentang salah seorang bintang dari Korea meninggal dunia karena bunuh diri. Menjadi begitu heboh, karena di Indonesia memiliki fans yang cukup banyak. Para fans yang mengungkapkan kesedihannya ada diberbagai social media. Apakah aneh? Buat saya tidak.

Jan 11, 2018

10 Hari Pertama di 2018

Saya, mungkin bisa dikatakan yang telat posting untuk mengawali tahun yang baru. Setelah 10 hari tahun yang baru berjalan, dan saya masih belum ada ide mau menulis tentang apa. Tahun lalu, 2017, bisa dikatakan titik balik saya di dunia blogging. Yang awalnya hanya sebagai tempat untuk menulis segala apa yang ingin di tulis, kemudian saya sempat berhenti karena satu dan lain hal, dan kemudian memulai lagi. Dan di awal tahun 2017 saya mulai menggunakan domain berbayar. Mulai mengenal event dan beberapa job yang berhubungan dengan dunia blogging.