Mar 9, 2017

Tulis - Hapus - Batal nyetatus.

Siang tadi, seorang teman tiba-tiba nge ping saya di salah satu media social. Butuh curhat katanya, dan karena waktu itu saya emang lagi longgar ya sudah, ayo lah.

Sesi curhat dimulai dengan dia bagikan ke saya satu capture dari status orang lain yang entah siapa tentang lebih baiknya punya anak cewek lebih dulu dibandingkan anak laki-laki. Dari capture itu, saya sudah bisa menduga apa yang menjadi masalah buat dia, dan mengapa memilih saya sebagai tempat curhatnya.

Alasannya simple aja, karena kami sama-sama memiliki anak pertama berjenis kelamin laki-laki. Hahahaha.

Setelah capture itu dia bertanya, "sebel gak sih baca artikel itu? belum lagi yang ngeshare kata-katanya kaya kita ini bukan yang terpilih aja, karena anak pertama kita bukan perempuan"

Tanggapan awal saya cuman, he he.

Karena jujur saja, saya nggak merasakan apa-apa ketika baca artikel itu. Marah nggak... dongkol nggak... apalagi kecewa. Yang saya pikirkan cuman, sudah syukur alhamdulillah Allah masih menitipkan Ziandra dan Zianka sama saya dan suami, pekara siapa lahir duluan itu sudah hak prerogratif dari Allah.

Tapi ya namanya orang kan beda-beda menanggapinya. Orang curhat juga mungkin karena lagi PMS atau apalah, cuman butuh seseorang yang mendengarkan keluhannya. Ketika udah adem, insyaAllah bisa lah diajak mikir lebih jauh dikit.

Itulah kenapa saya sekarang mulai juarang banget ngeshare, atau nulis status apalagi terkait isu yang lagi jadi bahan pembicaraan dimana-mana. Saya takutnya, nyakitin orang lain padahal maksudnya gak begitu. Dikira nyindir si A padahal nyindir si B, dikira nyinyiran A padahal nyinyirin yang lain.


Seperti di status yang saya tulis di salah satu social media, saya seringnya kalo mau nyetatus tuh jadi tulis hapus tulis hapus tulis hapus dan berujung batal nyetatus. Seorang teman pernah bilang, kalo mau nulis kemudian didalamnya itu ada sindiran atau tanpa sengaja bullyan ke orang lain, coba pikir dulu "gimana kalau aku jadi dia?"

Kadang bahkan status bentuk motovasi kalau mbungkusnya salah bukannya mendorong orang buat maju, tapi jadinya seperti jongkrokin orang jadi makin jatuh.

Seperti yang temen saya alami, saya sih yakinnya yang nyetatus atau share artikel gak maksud nyinggung temen saya, mungkin hanya salah satu bentuk syukur aja karena apa yang dia terima dari Allah seperti yang ditulis artikel tersebut. Tapi ya siapa yang nyangka ada yang tersinggung.

Kalau untuk blog, saya masih lumayan lancar nulisnya karena menurut saya, yang berkunjung di blog rata-rata memang tujuannya untuk baca artikel sampai selesai jadi tulisan bisa panjang lebar dengan penjelasan yang memang diinginkan sehingga lebih sedikit menimbulkan gesekan. Walau nggak menutup kemungkinan, tapi saya rasa nggak segampang terjadi di media social lain.

12 comments:

  1. Aku setuju banget pas bagian iniiih hik hik ---> Kadang bahkan status bentuk motovasi kalau mbungkusnya salah bukannya mendorong orang buat maju, tapi jadinya seperti jongkrokin orang jadi makin jatuh.

    Nah, aku juga makin ke sini makin ati ati banget, sebisa mungkin jaga jari biar nda matur yang aneh aneh...

    Sosmed yang paling aku suka sampai saat ini buat nyalurin opini, pemikiran cuma blog...soalnya menurutku juga sama, blog itu pembacanya tulus2...kebanyakan baca karena butuh, bukan yang sekedar orang share misal di fb, tapi baca judul yang peovokatifnya duank

    Klo sosmed lain cem fb, ig, twitter makin banyak yang follow makin pengen semakin tenggelemin diri klo untuk dipantau day by day hahahhaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ig, fb dan twitter kadang terhubung sih. Share foto di ig, jdnya jg nampang di fb dan twitter walau g semua. Jd g ada yg nyangkut isu lg in. Hahaha

      Delete
  2. Bisa menjaga perasaan orang lain adalah bagian dari sebuah kecerdasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, masih terus belajar seperti itu Pak...

      Delete
  3. gaya Tulis Hapus - Tulis Hapus kayak pas ngerjakan Thesis masih ragu-ragu, heeee
    jadi sebelum menulis emang harus banyak pertimbangan bagaimana dampaknya, tapi so far emang nulis saat lagi emosi sangat lancar karena akan banyak curhatan(isi hati) yang di sampaikan, heeee
    salam kenal mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emosi, saya malah kekepin jempol hahahaha

      Delete
  4. Beberapa waktu lalu, ada masalah di lingkungan rmhku non. Ya karena socmed nggak bisa disaring dgn akal, perasaan oleh bbrp orang.
    Klo lewat tulisan. Misalnya bercanda juga udah sama yg deket banget..klo aku hihi
    Status menyindir pernah, di twitter. Karena paling sepi dari dunia nyata aku sekarang..:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg bersinggungan dengan orang dekat atau lingkungan dekat aku juga paling sepi twitter sih... Blog kadang masih di link ke fb, walo sptnya jarang ada yg demen baca blog di lingkunganku hahahaha

      Delete
  5. aku malah udah jarang banget bikin status di sosmed, kalaupun bikin gak jauh2 ngomongin si abang iyas aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak... Masakan, itu emang ya dunia emak emak hahaha

      Delete
  6. aku bikin status suka terpicu gegara nyinyiran dibelakang mba hahaha kok yo beraninya dibelakang giliran tatap muka boro mau ngomong yg ada geje, semetara dibelakangku malah sibuk gosip krnya mendingan nyetatus sindiran telak. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di socmed kadang yang disindir gak kesindir mbak... Malah prang lain yang g ada sangkut pautnya hahahaha... Itu yang bikin runyaaam

      Delete