Feb 10, 2017

Melepaskan

Hal yang paling berat salah satunya mungkin adalah melepaskan. Terlebih ketika kita merasa yang kita lepaskan itu adalah hal yang berharga. Tapi, ada beberapa hal yang memang harus kita lepaskan, untuk suatu kebaikan.

Misal, anak-anak. Pastinya nggak ada orang tua yang ingin anaknya merasa kesusahan, hingga akhirnya lupa untuk melepaskan anaknya untuk bertumbuh dan berkembang. Menjadikan seorang anak mandiri, mungkin itu juga keinginan semua orang tua, tapi mungkin kadang lupa kalau untuk menjadikan seorang anak mandiri caranya adalah dengan melepas. Itu menurut saya, sih.


Melepas dia untuk makan sendiri, ke kamar mandi sendiri, tidur sendiri, bahkan melakukan aktifitas luar rumah sendiri.

Ketentuan di sekolah Ziandra memang tidak memperbolehkan orang tua untuk ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan anak selama bersekolah. Baik itu kegiatan yang diadakan di sekolahan, maupun di luar sekolah.

Sudah beberapa kegiatan luar sekolah yang diikuti Ziandra, manasik haji kecil di Masjid Agung Surabaya, lomba mewarnai di DepAg dan yang terakhir, yang paling jauh, out bond di Kampoeng Kidz Batu Malang.

Pemberitahuan bahwa mereka akan outbond di Batu Malang diberitahukan sejak sebelum libur semester, sedang kegiatan dilakukan pertengahan Januari kemarin. Daaaan, yang rempong adalah emak-emaknya. Yang khawatir, gak tega dan segala alasan lain yang intinya berat melepas anaknya.

Saya, salah satunya sih hahaha. Tapi sudah ditegaskan diawal juga ama suami, wes biar sendiri percaya sama gurunya. Jadinya sejak awal saya juga menghapus keinginan untuk bisa ngikut. Walau godaan sebelum hari H tetep ada, dimana ada wali murid yang nawarkan untuk patungan sewa mobil. Hehehe.

Akhirnya, tetap Ziandra outbond sendiri, sedang saya buat nyelimurin pikiran sekalian nyelimurin adiknya yang pengen ikut masnya mutusin jalan-jalan aja berdua sama adik. Iya berdua aja, karena waktu itu suami juga lagi ada acara kantor di Bandung selama 1minggu.

Kencan berdua adik.
Alhamdulillah, Ziandra nggak ada nangis atau ngambek selama out bond, yang pasti sih dia seneng bisa naik bus rame-rame sama temennya. Juga keliatan happy di foto yang dikirim oleh gurunya. Walau dia sempet takut sama badut, dan keliatan dibeberapa fotonya. Hahaha.
Ziandra mana yaa... Hehe..

Kalo ada emaknya, pasti minta naiknya sama emaknya. Klelep Le... hahaha
Keliatan happy kaaaan hehe..

Paling nggak kalo gak sama mak-nya nangisnya gak bakal berlarut-larut. Hihihi.

Ya, melepaskan itu memang berat... tapi kalau dengan melepaskan bisa mendapatkan hal yang insyaAllah baik untuk kedepannya, kenapa nggak, kan?

16 comments:

  1. adek kaaaa gemes banget pgn towel pipinya
    pake krudung jadi makin tumpah tuh pipi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek aku salfok ama pipi mb inge, pingin towel, imoeett

      Delete
  2. Emang sih klo masi kelas kelas awal pas ada kegiatan sekolah di luar kita2 sebage emaknya bakalan kpikiran ndaknya, anaknya rewel nda ya, gitu2...
    Kayak dulu pas aku sd, studi tur pertama kalo ga salah ya mulainya kelas 4 ato 5 , itu aja ibuk uda was was ahahahh
    Cuma emang lambat laun kita juga latian percaya ama gurunya ya mb ing, biar gimana anak kudu dilatih jauh bentar tanpa dibuntuti ibuknya ya walo dalam rentang jam yang singkat hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Aku dulu dilas juga perasaan baru saat SD... Ini sek piyiiiik haduuuh emaknya yang deg degan...

      Delete
  3. Mbak Inge, aku baru ngeh blog ini sudah pakai domain sendiri. Hahaha... Maafkan aku. Btw, boleh usul gak kalau ukuran font-nya digedein lagi? Rada susah bagiku buat bacanya. Dan warnanya juga dibikin hitam aja gimana? Biar gak terlalu ngabur dengan background-nya. Terus Mbak Inge bilang, "Dih, Kim. Kamu itu cerewet banget sih." Ehehe... Maaf ya, Mbaaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, emang baru sih... Wah makasi masukannya, langsung aku setting nih. Semoga bisa bikin lebih betah bacanya hehe

      Delete
    2. Nah, ukuran font segini lumayan deh. Bisa kebaca. Gak kayak sebelumnya yang aku harus memicingkan mata dulu. Hehehe... Thanks ya, Mbak, sudah mendengarkan masukan. Halah, apa sih, Kim. =))

      Delete
    3. Sama-sama Kimi... Aku jg makasi banyak kamu dah mau kasih masukan. 👌ðŸŧ👌ðŸŧ

      Delete
  4. Aaak, lagi-lagi persoalan yang sama, Mbak. Berat banget ngelepas anak kalau ada kegiatan di luar. Awal-awal sih masih bandel emaknya, ngikutin rombongan diem-diem dari belakang. Tapi setelah liat anaknya happy-happy aja, mulai agak berani untuk melepas.

    Jadi mikir, ini yang harusnya belajar berani, emaknya atau anaknya ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pengennya ngikut gitu mbak dari belakang, yang nggak setuju dan nggak mau anter saya ngikut ya ayahnya. Jadi ya manut wae lah... Hahaha

      Delete
  5. Aku butuh ini pastiii, jugaaa banget2 hihi
    Sebagai ibu yg lagi belajar terus supaya anak2 mandiri.. Setelah baca ini ikutan mesem2, apakah aku bisa yaaaa...balik lagi ke Allah ya non, Allah yg punya, Dia yg akan juga, mudah2an sejauh apapun anak2 pergi tanpa kita, selalu dlm lindunganNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang-gampang susah mbaaak... Yg penting ikhlas ae...

      Delete
  6. kegiatan sekolahnya sepertinya seru ya ditambah pembelajaran kemandiriannya juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Supaya anak berani sendiri ketika tidak ada orang tua...

      Delete
  7. Melepaskan untuk kemandiriannya, tumbuh kembangnya, keberaniannya..itu perlu, meski berat..Happy be mom, mbak inge^^!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat pasti, tapi demi anak ya... ditega-tegakan heheh

      Delete