Aug 27, 2016

Kecipratan

Dulu, saat kuliah saya pernah bekerja sebagai guru private. Baik untuk anak SD SMP SMA. Datang dari satu rumah ke rumah yang lain. Saat itu yang saya paling tangkap dari peran guru private (dibandingkan dengan kalo les di bimbel) adalah sebagai teman belajar anak. Memberi kisi-kisi itu sekali dua kali aja, seringnya nemenin anak les ngerjain PR dan jelasin kalo dia belum aham penjelasan guru.
Waktu itu sempat saya berpikir, gini aja kok mesti bayar orang toh ya. Ibu'nya sendiri apa nggak bisa? Padahal saat les itu ibunya ada di rumah. Itu pemikiran saya, mungkin karena saya yang nggak pernah ngerasain les jaman sekolah, hahahaha.

Waktu berjalan, ketika saya punya anak sempat ada saudara yang nyelatuk 'wah bapak ibu e lulusan matematika, enak wes anak e engko di les i dewe.' Tanggapan saya, cuman merenges, walau dalam hati mengamini, berharap semoga saya bisa jadi ortu sekaligus guru les anak-anak nanti.

Lalu, andangan saya sekarang?

Sampai saat ini saya belum kepikiran masukin anak saya les model di kumon gitu. Lah iya wong anaknya aja yang satu baru masuk TK, yang satu masih paud. Hahaha.

Tapi, entah nanti. Saya nggak mau besar kepala merasa mampu ngajari anak saya segalanya. Buktinya aja urusan ngaji, saya ikutkan anak-anak ngaji di tempat ngaji kampung. Hahaha. Bukan nggak mau ngajari, tapi saya nggak ngerti gimana konsep ngajar ngaji. Maklum ye, saya sendiri musti ngulang dari awal.

Tapi yang paling saya tekankan ke diri saya sendiri, saya kudu ngerti paling gak secara garis besar apa saja yang sedang dipelajari anak-anak. Seperti saat ini, pelajaran dengan menggunakan tematik. Awalnya saya blank, opooooo ikuuuu. Ya mau nggak mau harus tanya mbah google dan yang paling pas sih tanya temen yang guru, atau paling nggak guru les. Hahahaha.

Jadi ya, saya kudu mau kecipratan belajar jika ingin jadi guru les anak-anak. Kudu di upgrade lah ilmunya. Hahaha.

Kecipratan yang lain adalah saat mengajarkan hafalan doa atau surat buat anak-anak. Saat ngajari anak-anak saya mah kecipratan ikutan hafal dan akhirnya selalu mendahulukan doa disetiap melakukan sesuatu yang mungkin sebelumnya hanya sekedar membaca basmalah saja. Hehehe.

6 comments:

  1. tp kadang anak lebih nurut belajar sama orang lain daripada orang tua sendiri, kayak keponakanku hihihi. ayo say asah lg ilmunya biar bisa ngelesin anak kesayangan

    ReplyDelete
  2. Itulah spesialnya.. kadang kita emang kudu maksain hal hal baik buat anak, yang kadang susah kita lakukan #pengalaman peribadi hahaha

    ReplyDelete
  3. anak mudah menyerap apa pun ya. dulu juga sering dengerin ceramah2 pas jumat jadi denger ayat2nya, jadi ikutan hafal jg. padahal ga sengaja dihafalin. :D

    ReplyDelete
  4. Kalo aku ga ngerti ngajarin anak calistung. Beneran ga ngerti gimana cara metodenya dan entah aku bakalan sabar atau engga. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Hahaha itulah mbak manfaat yang akan didapat apabila membagikan hal hal yang baik kita juga pasti akan kecipratan hal yang baik juga.

    ReplyDelete
  6. saya termasuk yang berusaha untuk tidak mendaftarkan anak ke berbagai tempat kursus akademik. Anak udah cape di sekolah. Kalaupun mau kursus, cari yang menyenangkan aja kayak berenang, melukis, dll. Konsekuensinya, saya juga harus belajar lagi. Jaga-jaga kalau anak gak ngerti pelajaran sekolah hahaha

    ReplyDelete