Aug 13, 2016

Bahasa Inggris

Saya dari sejak mengandung Ziandra sudah memutuskan dengan suami untuk hanya menggunakan bahasa Indonesia . Tidak ada bahasa Inggris, juga bahasa Jawa. Walau kadang diprotes oleh bapak ibu, karena nggak ngajari bahasa jawa, minimal saat memanggil dengan menggunakan sampeyan, atau menjawab dengan menggunakan inggih.

Jadi bahasa yang digunakan ya bahasa Indonesia pada umumnya. 
Walau sejak paud ada beberapa lagu yang menggunakan bahasa Inggris, tapi sepertinya Ziandra belum begitu tertarik. Dia hanya tau bahasa inggris dari beberapa warna saja. Tapi sejak sekolah, dia mulai tanya-tanya beberapa kata dalam bahasa inggris. Terlebih sejak ada satu lagu yang sepertinya memudahkan dia untuk menghafal, paling tidak nama hewan.

Ada yang tau lagu salad fruit? Nah nadanya menggunakan lagu itu tapi kata-katanya diganti.

Gajah - elephant, gajah - elephant
Onta - camel, onta - camel
Kelinci - rabbit, kelinci - rabbit
Tikus - mouse, tikus - mouse.

Setelah dia berulang kali menyanyikan lagu itu awalnya saya coba tanya. "Mas bahasa Inggrisnya onta apa?" Dandia bisa langsung jawab "camel bu..."

Nah akhirnya saya coba ganti hewan-hewan yang ada di lagu itu. Awalnya hanya satu hewan, sampai akhirnya Ziandra tertarik dan bertanya nama-nama hewan lainnya dalam bahasa inggris.

Monyet - monkey, monyet - monkey
Singa - lion, singa - lion
Harimau - tiger, harimau - tiger
Anjing - dog, anjing - dog

Dan kemarin akhirnya dia bongkar buku di raknya, dan mencari buku lama yang dulu sering saya bacakan. Buku tentang hewan-hewan, tapi dalam bahasa inggris. Dan dia mulai minta diajarkan bacanya. Hahahaha.

Btw, lagu itu didapat bulan di kelas Ziandra. Tapi saat adik Zianka menu ggu mas nya keluar kelas dan bermain di pelataran sekolah, disitu ada guru yang mengulang-ulang nyanyian tersebut sambil nungguin murid PG yang belum dijemput. Saya pun ikut mendengarkan, dan saat jalan pulang adik minta dicoba ulang lagu itu dan akhirnya mereka hafal, hahaha.

3 comments:

  1. kalo udah agak gede, ngenalin bahasa inggris jadi lebih gampang ya, mba. ada ketakutan juga bat ortu klo diajarin bahasa lain ntar anaknya jadi bingung. hehe. adekku pernah, tapi sejak sekolah dia jadi tahu bahasa mana yang bsia dipake di keseharian.

    ReplyDelete
  2. Salad fruit? Lagu rujak brarti yak ekekke
    Wah langsung request nama nama hewan lainnya yak ziandra, ibuknya dikerjain egeggegkk

    ReplyDelete
  3. pas kecil orang tua cuma ngajarin aku bahasa jawa alus doang
    jadi bahasa jawa alusku bagus banget waktu kecil
    makin gede makin rusak LOL

    ReplyDelete