Jun 22, 2016

Nasihat


Orang tua, menasihati anaknya mungkin adalah hal yang biasa. Atau kakak yang menasihati adiknya, juga hal yang lumrah. Walau kalau mbayangin, eh lihat sendiri gimana Ziandra nasihatin adik Zianka bakalan buat nahan ketawa. Hahahaha.

Ya, lucu aja gimana anak usia belum genap 5tahun kmenasihati anak usia 3tahun. Gayanya udah kaya' "pokok mas lebih tau dari adik deh".

Tapi, anehnya kadang duo bocah itu ngobrol dan saling nyambung. Sedang disaat tertentu sayanya nggak ngerti apa yang mereka obrolin. Hahaha.


Jadi makin lucu adalah ketika adik yang menasihati. Dan itu tidak pandang siapa yang dinasihati, dari masnya sampai mbahnya. Hahaha.

Pernah suatu kali, saat makan sama-sama ayahnya tidak melafalkan doa dengan bersuara. Adik akan langsung bilang, 'Ayah nggak doa dulu?' Kalau ayahnya ngeyel jawab sudah, si Adik nggak akan mau kalah 'mana, adik nggak denger!'.

Atau misal saat saya makan menggunakan sambel dan ternyata terlalu pedas, sambil ambilin air putih, adik bilang 'mangkane bu, pake kecap ae biar ndak pedesan'.

Yang paling bikin pengen ngakak saat adik ngobrol sama mbahnya. 'Yang Ti, adik salma (ponakan) loh nggak bisa makan pakai tangan kanan' dan mbahnya njawab 'adik salma loh masih kecil' dan dijawab lagi sama adik Ka 'ya diajari loooh.'

Si kecil memang tampak belum tau banyak hal, tapi jika kita mengajarkan hal baik... Saya percaya hal baik itu akan kembali kepada kita. Ya salah satunya dengan celotehannya yang kadang tak langsung jadi pengingat kita.

Mudah? Hahahaha, tentu tidak. Tapi harus dan wajib diusahakan.

7 comments:

  1. Saya percaya ... Anak-anak itu sedikit banyak akan meniru orang tuanya ...
    Itu sebabnya kita harus hati-hati berbicara dengan anak-anak.

    "mangkane bu, pake kecap ae biar ndak pedesan" ...
    Saya ngakak baca ini ... (pasti dia pernah dengar orang tuaya bicara ini)

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, bener Om... Sepertinya dia meniru saya kalau ngomongi dia... Adek pake kecap aja biar nggak kepedesan... Cuman kata mangkane toh itu loh... bikin ngikik...

      Delete
  2. Anak sekarang itu begitu
    Ngeyelane pol dan orang tua kayane harus nurut. Kalo dibilang turunan, kayaknya dulu bapaknya manute pol. Boro boro ngeyel, baru dilirik bapak aja udah langsung diem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bapak emaknya benernya bakat mbantah cuman dulunya terpendam Om hahahahaha

      Delete
  3. Zianka lucu banged ya Alloh ahahahhaha

    Pengaruh dari ibuknya kali ya xixiixixi

    ReplyDelete
  4. Paling lucu kalo pas mereka bicara dg niru gaya kita ... uahh bisa terkekeh-kekeh kita dengernya :D

    ReplyDelete
  5. hihihi ponakanku jg gitu mbak. aku pernah baca sambil tiduran aja diginiin, mbaca gak boleh bubuk

    lucu2 gemes, tp ya jd warning juga buat kita

    ReplyDelete