Jun 6, 2016

Me, My Mom, and My Sister

Jum'at kemarin akhirnya saya bisa ke Malang, setelah perencanaan di minggu-minggu sebelumnya selalu saja ada halangan sehingga tertunda. KeMalang jarang bisa lama, karena suami yang memang liburnya terbatas dan cuti sudah direncanakan untuk apa saja jadinya saya ngikut aja, yang penting masih bisa sambang mami. Kok nggak bertiga aja sama anak-anak?

Entah kenapa, anak-anak takut sama oma (juga opa-nya dulu). Terakhir kami kesana sepertinya ada kesalahan yang saya buat dengan memaksa mereka untuk tidak takut, jadinya seperti trauma. Memang sih mereka jarang berinteraksi dengan orang yang sudah sangat sepuh. Iya, mami dan papi saya usianya hampir sama dengan nenek kakek dari suami. 😬

Dikasih penjelasan model apa saja sudah sangat susah.



Mami saya usianya sudah menginjak 85tahun, dan sejak ditinggal papi tahun lalu rupanya daya ingat mami kian menurun. Mungkin salah satu sebabnya adalah kurang banyak diajak komunikasi, sedih juga mikirnya karena saya nggak bisa nemenin mami diusia tuanya. Kakak memang tinggal di Malang tapi tidak satu rumah dengan mami jadi tentunya tidak bisa tiap saat bersama mami, sedang tante yang menemani mami usianya juga sudah lumayan sepuh. Ah, semoga selalu diberikan kesehatan untuk semuanya.

Hal pertama yang saya lakukan ketika datang tentu saja langsung cari mami, kemarin kebetulan beliau ada di kamar sedang nonton tv. Saya sudah mendapat cerita dari kakak kalau ingatan mami kian menurun. Jadinya begitu ketemu, saya cium mami... kemudian saya tanya, "sehat, mi?" Beliau masih jawab, "Sehat." Tapi saya tau dari pandangannya kalau beliau sedang berupaya mengingat siapa saya.

Saya lanjut bertanya, "Sopo iki hayooo?" Beliau diam sejenak, karena tak juga mampu mengingat, beliau ikut bertanya, "sopo yo?" Hahahahaha. Sedih, iya. Tapi saya nggak bisa marah apalagi kecewa. Wong sama kakak saya yang tiap hari nengok dan ngerawat aja mami bisa lupa, apalagi cuman saya yang datang nggak tentu kapan. Begitu saya kasih tau nama saya, beliau langsung ingat, tapi sebatas 'oh, inge toh.' Tapi berapa anak saya, siapa suami saya, beliau lupa. 

Satu hal yang sempat bikin saya tercenung, saat saya akan pulang. Beliau tak henti minta maaf karena tak bisa menyuguhkan atau membawakan oleh-oleh apa-apa. Huft, saya bener-bener tertohok, harusnya saya yang minta maaf ke mami karena nggak bisa selalu ada buat beliau.

Di foto atas itu, saat saya minta suami untuk fotokan kami, itu saat saya sedang berpamitan pulang danmami tak henti minta maaf. 

Sehat terus ya Mi... Love u always.

2 comments:

  1. Anak-anak emang ndak bisa dipaksa ya
    Sulung dan bungsuku juga ndak dekat sama ibuku. Kalo ngobrol ndak bisa nyambung, gitu keluh mereka. Tapi bagaimanapun aku usahain supaya mereka tetep ada kontak sama neneknya

    ReplyDelete