Mar 20, 2016

Belajar sambil bernyanyi

Metode belajar sambil bernyanyi adalah metode yangbanyak diterapkan di PAUD maupun TK. Murid mungkin tanpa sadar behwa dia sebenarnya sedang belajar.



Seperti lagu umum saja, "2 mata saya, hidung saya 1, 2 kaki saya pakai sepatu baru".  Lagu tersebut sebagai media pengenalan anggota tubuh. Banyak lagu-lagu paud yang memang menyenangkan dan anak pasti suka terlebih ada gerakan-gerakan tubuh mengikuti.
Zianka, lagi suka lagu tentang angka. 
1 seperti lidi
2 seperti bebek, wek wek
3 seperti burung, cicicuit
4 kursi terbalik, ngeblaaaak (dia paling suka bagian ini hahaha)

Lalu apa yang simple-simple seperti ini aja?

Buat saya, awalnya iya. Mungkinkarena saya kurang referensi, rujukan saya hanya lagu-lagu di paud tempat anak-anak belajar. Tetapi kemarin ketika masa transisi pindah rumah dan saya sempat serumah dengan mertua, ternyata tentang agamapun banyak lagu yang bisa membuat anak belajar.

Mertua memiliki beberapa koleksi lagu anak-anak islami.

Ziandra dan Zianka lumayan hafal hampir semua lagu yang diputarkan Akung-nya. Mulai dari 25 nabi, sampai tentang Nabi Muhammad. Hapal bener, dan tentunya mereka suka. Sering kalau lagi berkendara untuk menghilangkan jenuh kita sama-sama nyanyi lagu tersebut.

Ada lagu yang muatnya bisa dikatakan berat, namun ya lagi-lagi karena anak-anak merasa bukan belajar mereka menyanyikannya dengan enjoy.

Seperti lagu sukaan Zianka,
"Hidup bagaikan sebatang pohon, lebat buahnya serta bunganya.
Walaupun hidup seribu tahun apagunanya kalau tak sembahyang."

Karena di dvd yang menyanyikannya anak-anak jadi mereka ya ikut aja nyanyi, apa ngerti artinya? Bukan tidak ngerti, tapi belum. Lagu itu nanti insyaAllah ketika mereka mulai bisa diberi pemahaman akan menjadi pengingat bagi mereka.

1 comment:

  1. Bener banget! Kasih lagu India juga bakalan cepet apal itu bayi bayi, soalnya kan Semarang marak film India di tipi haha

    ReplyDelete